Biografi Dan Karya Puisi Muhittin Abdal

Muhittin Abdal adalah seorang penyair sufi Bektashi dari Balkan di bawah kekuasaan Ottoman (Turki). Beliau menjalani kehidupan yang panjang dengan bepergian ke berbagai negara Islam.

Image by MustafaDedeogLu


Puisi oleh Muhittin Abdal:

Apa Manusia Itu, Sekarang Aku Mengetahuinya. 

Mereka sering berbicara tentang
Manusia, Manusia -
Siapa manusia itu, sekarang aku
mengetahuinya.

Mereka sering berbicara jantung,
hati -
Apa yang dimaksud hati, sekarang aku mengetahuinya.


Dalam hati dari orang yang beriman
telah ditemukan -
Dan itu tidak ditemukan di mana saja walau diluar.
Kita menemukan itu dalam diri kita
sendiri yang luas.

Apakah iman itu, sekarang aku mengetahuinya.

Hal ini adalah bagaimana mereka memilih gandum dari sebuah sekam, 
di mana kata-kata dan perbuatan
harus berbicara kepadamu.

Di sinilah yang bijaksana
membimbing Jalan -
Apa esensi dari cara sufi ini,
sekarang aku mengetahuinya.


Apa yang membuat takut orang beriman di angkat seperti bagasi,
mengapa mereka menembakkan panah mereka kepada ihsan dijalan Rabb.

Apa yang mereka sembunyikan dari tipuan bahasa yang manis -
Apa itu keraguan, sekarang aku
Mengetahuinya.


Dengan mengingat semua atribut diatas, Aku menjadi seseorang Manusia.
Melalui Keluasan Rabb Maha Rahman, aku diampuni dari segala sesuatu.

Aku menemukan penyatuan mutlak
dengan Realitas.


Apa tamu itu, sekarang aku mengetahuinya.

Aku berkata kepada diri 
Jadilah lebih rendah hati,

Rabb Yang Maha Besar 
mengguyuriku Dalam keberkahan;
Ada tanda yang menyengat 
dalam hati.

Apa buktinya ada, sekarang aku mengetahuinya.

Muhittin, nyatakanlah Kebenaran
sebagai saksi.
Tuhan ada dimana-mana jika kita
bersedia untuk melihat-Nya.

Apakah yang tersembunyi, apa yang jelas -
Dan, apa Manusia itu, sekarang akupun mengetahuinya.


Diterjemahkan oleh Jennifer Ferraro atau Latif Bolat

※※※※※※
Sebelumnya: Puisi Sufi oleh Sa'adi 
Selanjutnya: Puisi Sufi oleh Ibnu Arabi

Kami mengisi Content di Blog ini sebagai pembelajaran diri. Ababila Blog sederhana ini bermangfaat, kami bersyukur. /\

0 Response to "Biografi Dan Karya Puisi Muhittin Abdal"

Posting Komentar