Kumpulan Kisah Sufi: Kisah Tiga Ikan dan Nelayan

Tiga ekor ikan pernah tinggal dalam sebuah kolam. Mereka ialah; Ikan pintar, ikan setengah pintar dan ikan bodoh. Mereka hidup seperti ikan pada umumnya sampai suatu saat datanglah seorang nelayan. Nelayan itu membawa jaring, dan ikan pintar melihatnya. Ia, Si pintar, dengan berbekal pengalaman dan kecerdasannya, segera bertindak dengan cepat. "Ada beberapa tempat persembunyian di kolam ini," pikirnya. "Aku akan pura-pura mati. 

Dengan sekuat tenaga si pintar melompat keluar kolam, dan mendarat tepat di kaki nelayan, yang sedikit terkejut. Ikan pintar itu menahan nafas, nelayan itu berpikir bahwa ia telah mati: dan melemparkan kembali ke kolam. Ikan pintar ini meluncur ke dalam lubang kecil untuk bersembunyi.

Gambar oleh Instagram.com/evgenicreative

Sekarang ikan kedua, setengah pintar, tidak begitu memahami apa yang terjadi. Jadi ia berenang sampai ke ikan pintar dan bertanya tentang kondisi ini. "Sederhana," kata si pintar. "Aku hanya berpura-pura mati, sehingga dilemparkan kembali ke kolam.

Setelah mengikuti saran Si pintar, ikan kedua melakukan hal yang sama, dengan sekuat tenaga keluar dari kolam dan mendarat di kaki pria itu. "Aneh," pikir pria tesebut, "kenapa mereka melompat dari kolam." Dan, karena ikan setengah pintar lupa menahan nafas pria itu menyadari bahwa ia masih hidup dan menempatkannya ke dalam tasnya.

Dia berbalik untuk melihat air, karena bingung kenapa ikan-ikan pada melompat, ia lupa menutup tas nya. Si setengah pintar menyadari hal ini, melompat keluar dari tas dan berenang ke kolam menemui Si pintar untuk bersembunyi.
Sekarang ikan ketiga, yang bodoh, tidak mampu berbuat apapun, bahkan setelah mendengar percakapan ikan pertama dan kedua.

Tapi Si bodoh seketika ingat, "Jadi mereka melompat keluar tepat di kaki nelayan, menahan bernapas, untuk pura-pura mati. 'Terima kasih banyak: sekarang aku mengerti," kata ikan bodoh.
Dengan kata-kata ini ia melemparkan dirinya keluar dari air, mendarat tepat di samping nelayan. Sekarang nelayan, setelah kehilangan dua ikan, langsung saja menempatkan Si bodoh ini ke dalam tas tanpa repot-repot untuk melihat apakah masih bernapas atau tidak.

Dia melemparkan jaringnya ke dalam kolam, tetapi ikan pertama dan yang kedua bersembunyi di dalam lubang kecil. Dan di tas nelayan saat ini tertutup rapat. Akhirnya nelayan menyerah. Dia membuka tas, menyadari bahwa ikan bodoh tidak bernapas, dan membawanya pulang untuk kucing nya.

※※※※※※
Source :
Tales Of The Darvishes, by Idries Shah 
Kisah Sufi Berikutnya: Makanan dari Surga

Kami mengisi Content di Blog ini sebagai pembelajaran diri. Ababila Blog sederhana ini bermangfaat, kami bersyukur. /\

0 Response to "Kumpulan Kisah Sufi: Kisah Tiga Ikan dan Nelayan"

Posting Komentar