Biografi Dan Karya Puisi Abdullah Ansari

Sheikh Ansari Jabir bin 'Abdullah al- Ansari, dikenal sebagai sufi besar yang lahir di Herat, Afghanistan barat. Karya-karya beliau yang paling terkenal adalah Kashf al-Asrar "Pembukaan Rahasia" dan Tabaquat al-Sufiyya (Generasi para sufi).

Khwaja Abdullah Ansari wafat di Herat pada tahun 1088, dan tempat pemakaman beliau di Herat masih menjadi tempat ziarah bagi ribuan sufi setiap tahunnya.

Image by qurratulain

Puisi oleh Khwaja Abdullah Ansari:

Sebuah Jalan Pengabdian

Dalam jalan ini mata harus berhenti melihat,
Dan telinga untuk mendengar,
Simpan hanya untuk Dia, dan hanya tentang Dia.

Jadilah seperti debu di jalan-Nya.
Bahkan raja-raja bumi ini,
membuat debu kaki-Nya sebagai balsem mata mereka.

Versi bahasa Inggris oleh Anonymous
Bahasa asal Persia / Farsi


Pengabdian Diri

Kehidupan di tubuhku berdenyut
hanya untuk-Mu,
Hatiku berdetak dengan kehendak-Mu.

Jika pada debu diriku ada seberkas
rumput yang tumbuh
Setiap pisau akan gemetar dengan
pengabdianku untuk Engkau!

Versi bahasa Inggris oleh Anonymous
Bahasa asal Persia / Farsi


Beri Aku

Ya Tuhan, beri aku hati
Supaya aku bisa mencurahkan syukur.

Beri aku hidup
Agar aku bisa bekerja untuk keselamatan dunia.

Versi bahasa Inggris oleh Andrew
Harvey
Bahasa asal Persia / Farsi


Dalam Setiap Nafas

Wahai orang yang keluar dari diri
sendiri,
dan yang belum mencapai Kawan sejati:
jangan sedih, 
Dia mengiringimu dalam setiap
nafas.

Versi Bahasa Inggeris oleh AG Farhadi
Asal Bahasa Parsi / Farsi


Keindahan Keesaan

Setiap mata yang penuh dengan tujuan dari dunia ini
tak dapat melihat sifat-sifat dari
akhirat,

Setiap mata penuh dengan tujuan
akhirat
akan kehilangan Keindahan Keesaan.

Versi bahasa Inggris oleh AG Farhadi
Bahasa asal Persia / Farsi


Teman Selain Aku

Ya Rabb
Engkau tahu mengapa aku gembira:
karena Aku mencari-Mu,
bukan melalui usaha diriku sendiri.

Ya Rabb,
Engkau membuat keputusan dan aku tidak.
Aku menemukan Teman ketika aku bangun!

Versi Bahasa Inggeris oleh AG Farhadi

Asal Bahasa Parsi / Farsi

※※※※※※
Berikutnya: Puisi Sufi oleh Abu Husain al-Nuri

Kami mengisi Content di Blog ini sebagai pembelajaran diri. Ababila Blog sederhana ini bermangfaat, kami bersyukur. /\

0 Response to "Biografi Dan Karya Puisi Abdullah Ansari"

Posting Komentar